Your IP: 54.221.75.115 info@ldp.net.id (0274) 415632

Author Archives: ldp

  • -

Dubai Keluarkan Fatwa Haram soal WiFi

Category : Berita

1540444Dubai091450164664-preview780x390

Pencurian akses internet via jaringan nirkabel (WiFi) sekarang telah menjadi perbuatan yang diharamkan di Dubai. Kota ini bisa disebut sebagai yang pertama menerapkan aturan resmi untuk kasus pencurian WiFi.

Hal tersebut diketahui dari laman web Departemen Urusan Islam dan Aktivitas Amal di Dubai, ibu kota Uni Emirat Arab, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Daily Mail, Kamis (14/4/2016).

Lembaga otoritas keagamaan tertinggi di Dubai itu mengeluarkan fatwa yang isinya mengharamkan pencurian alias pemakaian koneksi WiFi yang dilakukan tanpa izin, termasuk milik tetangga.

“Tak ada yang salah untuk memakainya apabila diizinkan oleh tetangga. Namun, jika mereka tak mengizinkan, Anda tak boleh menggunakannya,” ujar departemen tersebut.

Pernyataan di atas muncul sebagai jawaban atas sebuah pertanyaan yang diajukan oleh seorang pembaca.

Di Dubai, Departemen Urusan Islam dan Aktivitas Amal memang ditugasi menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan secara onlineoleh netizen.

Topiknya beraneka ragam, mulai dari urusan ibadah dan agama hingga yang berbau kehidupan modern, seperti hukum bedah kosmetik atau mengunduh film bajakan.

Sebagai kota kosmopolitan yang modern, Dubai boleh dibilang memiliki norma sosial paling longgar di antara wilayah-wilayah negara Arab yang cenderung konservatif.

Namun, orang asing harus tetap berhati-hati karena ada beberapa aturan yang meregulasi dunia digital. Misalnya, siapa pun yang bersumpah serapah lewat teks di aplikasi pesan instan bisa dikenai denda sebesar lebih dari Rp 800 juta.


  • -

Facebook Garap WiFi Berkecepatan 2,1 Gbps

Category : Berita

1131317Facebook-Terragraph780x390

Facebook sedang mengerjakan proyek Terragraph untuk memancarkan WiFi berkecepatan tinggi. Jaringan nirkabel tersebut dirancang untuk menyelimuti suatu wilayah padat penduduk serta memancarkan koneksi berkecepatan hingga 2,1 Gbps.

Raksasa media sosial itu memakai teknologi WiGig di frekuensi 60 GHz. WiFi berkecepatan tinggi yang dimaksud sedang diuji di markasFacebook, di Menlo Park, California dan rencananya akan dibawa ke San Jose.

“Sejauh ini kami sudah menguji WiFi berkecepatan 1,05 Gbpsbidirectional (total throughput mencapai 2,1 Gbps) dalam mode peer to peer (P2P) dan jarak 250 meter,” sebut Product Manager FacebookNeeraj Choubey melalui sebuah blog mengenai proyek Terragraph.

“Ini berarti koneksi tersebut bisa menangani trafik hingga 8,4 Gbps per paket yang dipasang, dengan asumsi satu paket terdiri dari 4 sektor. Kami pikir kecepatan itu bisa saja meningkat hingag 12,8 Gbps di masa yang akan datang,” imbuhnya.

Teknologi WiGig menggunakan frekuensi yang lebih tinggi ketimbang WiFi. Kecepatan transfer data di frekuensi ini memang sangat tinggi, tapi biasanya hanya digunakan oleh dua perangkat yang berada di satu ruangan serupa. Alasannya, frekuensi setinggi ini tidak bisa menembus tembok.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Ars Technica, Senin (18/4/2016), proyek Terragraph ini punya cara berbeda. Teknologi WiGig itu dimodifikasi dengan tambahan antena yang bisa memancarkan sinyal memutari gedung tinggi.

“Kami memakai serangkaian antena yang bisa mengarahkan pancaran sinyal 60 GHz. Dengan cara demikian Terragraph bisa dipakai untuk menyediakan konektivitas di jalanan daerah urban,” ujar Choubey.

Sekadar diketahui, kebanyakan negara menghindari pemanfaatan spektrum frekuensi 60 GHz. Pasalnya frekuensi ini sukar menembus halangan seperti dinding atau gedung.

Sejumlah negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman, China, Korea Selatan, Jepang dan lainnya membiarkannya sebagai spektrum bebas lisensi atau V-band. Posisinya mirip dengan WiFi 2,4 GHz.

Ketersediaan spektrum pun sangat luas. Totalnya ada bandwidth seluas 7 GHz yang bisa dimanfaatkan di frekuensi 60 Ghz.


  • -

Mulai Mei, Iklan di YouTube Wajib Ditonton

Category : Berita

1303454youtube780x390

YouTube sudah punya sisipan iklan di video yang ditayangkan di situsnya. Kini, situs berbagi video milik Google itu akan menambah lagi iklan “wajib” ditonton berdurasi 6 detik di semua video di situsnya.

Video iklan enam detik itu akan diputar di setiap awal (bumper) video YouTube mulai Mei 2016. Menurut YouTube dalam blog resmi perusahaan, video tersebut terkesan menjadi iklan wajib sebab tidak akan bisa di-skip atau dilewati oleh penonton.

Dikutip KompasTekno, Rabu (27/4/2016), video enam detik yang tidak bisa diloncati ini dibuat oleh YouTube untuk memperkuat pesan di video iklan yang lebih panjang atau menjangkau penonton yang lebih banyak.

Sebagai contoh, akun YouTube milik studio rekaman Atlantic Records menggunakan video bumper itu pada video promosi album kedua band Rudimental. Masing-masing bumper menampilkan salah satu musisi tambahan.

Sementara itu, pabrikan mobil Jerman, Audi, menggunakan videobumper itu sebagai iklan versi pendek dari video iklan versi panjangnya.

“Kami mengumpamakan video bumper ini seperti haiku-nya (puisi pendek Jepang) video iklan. Kami tak sabar, apa yang akan dilakukan komunitas kreatif dengannya,” tulis Product Manager YouTube, Zach Lupei, di blog tersebut.


  • -

10 Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Category : Berita

Koneksi nirkable WiFi yang buruk bisa membuat orang merasa tertekan. Terutama ketika internet telah jadi bagian dari hidup sehari-hari, mulai dari hiburan sampai soal pekerjaan.

Namun Anda bisa tidak perlu panik bila koneksi WiFi di rumah mendadak terhambat. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek router yang Anda gunakan. Pasalnya, mulai dari posisi sampai pengaturan router ini akan berpengaruh pada kuat atau tidaknya sinyal WiFi.

Saat mengecek router Anda, pastikan Anda mencoba 10 langkah sederhana ini, seperti dilansir KompasTekno dari Vox, Jumat (9/1/2015).

1. Cek posisi router

Mengecek posisi router terkesan hal sepele, padahal efeknya bisa besar. Router bekerja mengirimkan sinyal ke semua arah. Karena itu, sebaiknya letakkan router di bagian tengah ruangan.

Bila router diletakkan di samping jendela, maka ada sinyal yang dikirimkan ke luar. Ini akan membuat WiFi tersebut sia-sia dan tidak menjangkau seluruh bagian ruangan.

2. Jangan diletakkan di lantai

Letakkan router di tempat yang tinggi, misalnya meja atau lemari. Posisi yang lebih tinggi akan menguntungkan karena router dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah. Selain itu, lantai mengandung bahan semen, beton dan logam yang sulit ditembus oleh sinyal WiFi.

3. Letakkan router di tempat terbaik

Sinyal WiFi akan terpancar lebih kuat di dalam ruangan tempat Anda menyimpan router tersebut. Atas dasar itu, sebaiknya Anda meletakkan router tersebut dalam ruangan yang sering Anda tempati saat menggunakan internet.

4. Pilih tempat terbuka

Ada banyak bahan yang bisa menyerap sinyal router dan mengurangi kinerjanya. Untuk menjaga agar kinerja sinyal tetap optimal, sebaiknya Anda tidak meletakkan router di antara mebel berukuran besar dan dinding, atau di dalam lemari. Pilihlah posisi yang bebas himpitan serta membuat router tersebut dapat terlihat dari manapun.

5. Jauhkan dari elektronik lain

Jauhkan router Anda dari perangkat elektronik lain, seperti microwave, telepon nirkabel, serta TV. Perangkat apapun yang menghasilkan sinyal elektromagnetik bisa mengganggu dan melemahkan kinerja sinyal WiFi.

6. Atur antena agar berdiri

Atur agar antena router berada di posisi vertikal. Posisi ini akan membuat sinyal terpancar secara horizontal sehingga sinyal WiFi lebih mudah menjangkau seluruh bagian ruangan.

7. Periksa kekuatan sinyal

Ada sejumlah aplikasi, seperti Cloudcheck atau Amped yang dapat digunakan untuk keperluan ini. Saat mengecek sinyal, Anda bisa memetakan bagian mana yang menerima sinyal kuat dan mana yang menerima sinyal lemah.

8. Atur piranti lunak router

Anda juga bisa mempercepat koneksi WiFi dengan memasukkan pengaturan tertentu pada piranti lunak router. Akses menuju piranti lunak ini bisa dibuka melalui IP khusus. Anda bisa mengeceknya pada bagian bawah router atau pada panduan yang disertakan dalam boksnya.

Setelah masuk ke dalam menu pengaturan, ubahlah channel frekuensi router tersebut. Biasanya ada 14 channel yang bisa dipilih. Channel terbaik biasanya adalah 1, 6, dan 11. Channel tersebut cenderung minim gangguan karena jarang bersinggungan dengan channel yang digunakan orang lain.

Selain pengaturan channel, cek juga pemutakhiran firmware. Biasanya pembuat router akan mengeluarkan pemutakhiran firmware untuk memperbaiki kinerja perangkatnya.

9. Lakukan speed test

Lakukan speed test untuk mengetahui letak masalah koneksi Anda. Pertama cobalah melakukannya dengan koneksi WiFi, kemudian lakukan hal serupa menggunakan koneksi kabel. Jika keduanya sama-sama buruk, berarti masalah ada pada penyedia layanan internet Anda.

10. Beli router baru

Ini adalah jalan terakhir. Bila semua sudah dicoba dan Anda sudah memastikan masalah tidak berasal dari penyedia layanan internet, belilah router baru.


  • -

Gara-gara “Router” Rp 130.000, Bank Kebobolan Rp 1 Triliun

Category : Berita

Februari lalu, sistem komputer Bank Sentral Banglades dibobol sejumlah hacker tak dikenal. Para peretas nyaris berhasil melarikan dana sejumlah 951 juta dollar AS atau lebih dari Rp 12,5 triliun kalau bukan karena kesalahan typo kata “foundation” menjadi “fandation” yang menyebabkan aksi mereka terendus pihak berwenang.

Namun, dana senilai 81 juta dollar AS (atau lebih dari Rp 1 triliun) sudah kadung berpindah ke kantong hacker sebelum sempat dicegah. Hingga kini, uang curian tersebut masih belum terlacak.

Menyusul penyelidikan yang dilakukan, minggu lalu, ditemukan bahwa para hacker berhasil melancarkan tindakan cyber crime lantaran bank sentral yang bersangkutan memang tidak menerapkan sistem keamanan yang memadai.

Di samping tak punya firewall, seperti dirangkum KompasTekno dari BBC, Selasa (26/4/2016), Bank Sentral Banglades ternyata cuma memakai router bekas, yang keamanannya meragukan.

“Ini soal organisasi yang punya akses ke dana senilai miliaran dollar, tetapi mereka bahkan tak menerapkan sistem keamanan yang mendasar,” demikian komentar seorang konsultan dari firma cyber Optiv, Jeff Wichman.

Padahal, router itu menghubungkan komputer bank dengan sistem pembayaran global Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT) yang berisi jaringan institusi keuangan di seluruh dunia.

Pakai router murah

Hanya berbekal router bekas seharga 10 dollar AS (Rp 130.000) dan tanpa firewall, bank pun tak berdaya menghadapi serangan hacker.

Kepala Forensic Training Institute dari Badan Reserse Kriminal Kepolisan Banglades, Mohammad Shah Alam, mengatakan bahwa komputer yang terhubung dengan SWIFT di dalam bank sentral seharusnya diisolasi dari jaringan komputer lain.

Hal itu, kata dia, bisa dilakukan kalau saja pihak bank memakai router tipe “managed” yang memungkinkan pembuatan sejumlah jaringan komputer yang saling terpisah.

Apa daya, gara-gara memilih router murah meriah, pihak bank telanjur kebobolan dana triliunan rupiah.

Router bekas itu pun menyulitkan penyelidikan karena tidak menyimpan data jaringanyang seharusnya bisa dipakai untuk melacak pelaku dan taktik yang mereka gunakan.

Walhasil, dana 81 juta dollar AS yang dilarikan para peretas hingga kini masih belum diketahui rimbanya. Demikian pula dengan identitas, pelaku dalam pembobolan tersebut masih misterius.

Sumber: Kompas Tekno


Online Support

Technical Support


Marketing

Head Office


Darmo Residence No.1, Sonopakis Kidul, Bantul Yogyakarta.
Hotline :
(0274) 382415
(0274) 589066
Email info@ldp.net.id